Mewujudkan asa, Meraih prestasi, Mengharap ridho illahi

Ahlan insan Ulil Albab di laman web Pembinaan Keagamaan Mahasiswa Baru UII Program Sarjana (S1) Tahun Akademik 2021/2022. Laman ini memuat informasi rangkaian aktifitas Pembinaan Keagamaan.


Program Pembinaan Keagamaan bagi Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021 merupakan agenda yang  wajib dikuti oleh mahasiswa baru berdasarkan Peraturan Ull No.2/2017 tentang proses pendidikan dan pembelajaran di lingkungan Ull serta Peraturan Rektor UII No. 7/2018 tentang capaian pembelajaran lulusan universitas dan mata kuliah wajib universitas.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (online). Orientasi Nilai Dasar Islam Gelombang ke 2 dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2021 dan Ujian Placement Test Agama dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2021. Kegiatan ini memanfaatkan kanal informasi website, Youtube, Zoom Meeting, dan Google Classroom. Adapun materi yang akan disampaikan mencakup pendalaman terhadap nilai-nilai dasar Islam, Visi Hidup, Tauhid, Ibadah, dan Akhlakul Karimah.

Google Classroom merupakan sebuah media yang digunakan dalam proses kegiatan ORIENTASI NILAI DASAR ISLAM (ONDI) DAN PLACEMENT TEST AGAMA (PTA).

Mahasiswa baru silakan masukan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) untuk mendapatkan link masuk Google Classroom masing-masing.

  • Kehadiran & Pengkondisian peserta
  • Sambutan Pembukaan Acara
  • Video Materi 1
  • Video Materi 2
  • Materi Visi Hidup & Tauhid
  • Materi Ibadah & Akhlak

  • Pengarahan peserta join Zoom Meeting
  • Penjelasan Tata Tertib PTA bagi mahasiswa
  • Pelaksanaan Ujian PTA

Mewujudkan Asa, Meraih Prestasi, Mengharap Ridho Illahi

Semarakkan momen kebersamaan dan kesenanganmu dalam mengikuti agenda ONDI dan PTA UII dengan mengunggah foto di akun Instagram menggunakan Twibbon #OndiPTA2021

Keterangan :

  1. PENDALAMAN NILAI DASAR ISLAM (PNDI) adalah aktivitas pembinaan keagamaan untuk mengenalkan tentang visi hidup, tauhid, ibadah dan akhlak kepada mahasiswa. Telah diberikan perkenalan, selanjutnya para mahasiswa akan dibimbing dan dibina oleh musyrif atau musyrifah yang berkompeten dalam hal praktek ibadah dan akhlakul karimah
  2. PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI (PPD) adalah aktivitas pembinaan keagamaan untuk mengasah kemampuan intrapersonal dan interpersonal mahasiswa. fokus bahan kajian teknik belajar dan motivasi diri, tata kelola dan kerja sama, serta kreatifitas dan strategi berpikir.
  3. PENGEMBANGAN DIRI QUR’ANI (PDQ) adalah aktivitas pembinaan keagamaan yang fokus pada bimbingan dan pendampingan baca dan tulis al-Qur’an serta hafalan al-Qur’an juz 30 (juz amma) dan hadits-hadits pilihan, serta belajar kosakata Arab untuk memahami al-Qur’an.
  4. PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN DAKWAH (PKD) adalah aktivitas pembinaan keagamaan untuk mengasah kepemimpinan dan kemampuan dakwah yang baik kepada mahasiswa.
  5. Satuan Kredit Partisipasi (SKP) adalah takaran penghargaan terhadap aktivitas non kurikuler yang diikuti oleh mahasiswa dalam upaya memenuhi capaian pembelajaran yang ditunjukan dengan satuan yang merupakan jumlah kumulatif dari intensitas kegiatan tersebut.