Tentang
Organisasi

Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr. Wb

Puji Syukur kita haturkan kepada Allah SWT yang atas segala hidayah serta inayah-Nya maka selesai jualah penyusunan profil DPPAI Ull ini. Profil ini disusun dengan tujuan agar informasi tentang apa dan bagaimana sesungguhnya DPPAI serta peran yang dilakukannya bagi pendidikan dan dakwah lslamiyah di Ull khususnya dan di masyarakat pada umumnya dapat diketahui secara baik oleh segenap civitas akademika Ull khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Selama itu DPPAI Ull telah melakukan banyak hal bagi pembinaan dan pengembangan keagamaan mahasiswa serta dakwah islamiyah, di dalam maupun di luar kampus. DPPAI Ull senanhiasa berupaya untuk selalu memperbaiki diri ke depan. Agenda besar yang ingin DPPAI Ull lakukan adalah membangun relasi yang baik dan tulus dengan segenap civitas akademika Ull dan masyarakat untuk saling menopang dalam mewujudkan dakwah lslamiyah sesuai dengan harapan kita semua. Salah satu upaya membangun relasi yang baik, tulus dan terbuka adalah dengan diterbitkannya profil DPPAI Ull agar segenap civitas akademika dan masyarakat dapat mengenal Iebih dalam tentang DPPAI Ull saat ini, mulai dan visi, misi, program serta orang-orang yang duduk di dalam struktur kepengurusan.

Mudah-mudahan dengan adanya profil ini, komunikasi antara DPPAI dengan segenap civitas akademika Ull dan masyarakat mengalir bagai aliran sungai yang mengalir dari gunung menuju ke laut, Kepada Allah jua kita memohon hidayah dan inayah-Nya untuk menetapi dan menjalankan hal-hal yang berkesesuaian dengan ajaran-Nya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Drs. Nanang Nuryanta, M.Pd.

Visi & Misi

Visi DPPAI adalah menegakkan aqidah lslamiyah dan akhlaq karimah di dalam kehidupan bermasyarakat di dalam maupun di luar kampus.

Misi DPPAI adalah melakukan pengkajian dan dakwah Islamiyah serta menyelenggarakan pendidikan keagamaan yang mengarah kepada terwujudnya kesadaran beragama di dalam dan di luar kampus.

Tujuan & Orientasi

Mengkaji, berdakwah serta melakukan pendidikan keagamaan secara baik dan komprehensif di dalam maupun di luar lingkungan Universitas Islam Indonesia maka dibentuklah suatu sistem yang terencana dan menyeluruh yang kemudian direalisasikan dalam bentuk perkuliahan, pembinaan, dan pelatihan dakwah sebagai perwujudan Visi dan Misi Ull dan DPPAI. Lebih Lanjut, upaya ini juga diperkuat secara internal dengan mengkoordinasikan, memantau, menilai dan mengadministrasikan kegiatan-kegiatan yang mendukung terciptanya suasana Islami di dalam maupun di luar kampus.

Lingkup Kegiatan

Program-program Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam meliputi dua aspek lingkup kegiatan sebagai berikut:

Aspek ke dalam : Program yang disusun dan direncanakan untuk menciptakan semangat beragama di dalam kampus, seperti : pelaksanan dan pembinaan keagamaan kemahasiswaan, pengajian tenaga edukatif dan administratif, serta pendidikan dan pelatihan

Aspek ke luar : Program yang disusun dan direncanakan untuk membantu serta mendukung semangat beragama di lingkungan sekitar kampus, dan juga mengadakan kegiatan berskala Nasional dan Intemasional seperti: Pengajian untuk masyarakat, pelatihan-pelatihan keagamaan, memfasilitasi pengadaan penceramah, seminar internasional, pentas hiburan Islami, dan lain-lain

Tugas

  1. Melaksanakan dakwah Islamiyah secara terencana ke dalam dan ke luar sesuai dengan program-program yang telah disusun
  2. Melaksanakan, mendukung, dan mensukseskan misi perjuangan dakwah Islamiyah yang diamanahkan sehingga tercapainya suasana religius di dalam atau di luar kampus
  3. Mengadakan konsultasi keagamaan untuk masyarakat
  4. Memberikan pertimbangan terhadap permasalahan umat sesuai dengan tuntunan syari’ah
  5. Merumuskan pembinaan keagamaan di dalam lingkungan Universitas Islam Indonesia