DPPAI Selenggarakan TOT, Menjadi Pemateri Handal

UII Terpadu- Untuk mempersiapkan pemateri handal dalam menyongsong latihan Dasar Kepemimpinan Islam Tingkat Dasar (LKID) bagi mahasiswa UII, DPPAI mengadakan TOT (Training For Trainer) bagi Para pemateri. Acara berlangsung di Ruang Audiovisual Perpustakaan UII pada (03/04/2013). Pada kesempatan tersebut, DPPAI menghadirkan Drs. Syafaruddin Alwi, M.Si sebagai trainer. Acara tersebut diikuti oleh para dosen undangan yang diproyeksikan akan menjadi pemateri LKID.

Pada kesempatan tersebut, Drs. Syafaruddin Alwi, M.Si menyampaikan materi speak with power and confidence, ideas for becoming  a more  powerful  leader as  communicator. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan bahwa dalam berbicara sebagai sebagai trainer atau pemteri, harus faham terlebih dulu tiga hal yang menjadi background peserta. Ketiga hal itu meliputi level sosial, level pendidikan, dan gaya hidup.

Ketiga hal itu penting untuk diketahui sebagai modal untuk pendekatan, karena masing-masing individu dalam suatu kelas perlu difahami. Ia juga menyarankan agar pemateri LKID setidaknya hapal nama beberapa orang peserta agar dapat dijadikan punggawa-punggawa dalam mencairkan suasana di kelas. Lebih lanjut, ia juga menyarankan agar pemteri datang lebih awal dan dapat berkomunikasi dengan peserta sebagai modal untuk membawa suasana di kelas.

Dalam paparan lebih lanjut ia mengungkapkan ada tiga elemen kunci yang dapat membantu untuk menjadi komunikator handal diantaranya (1) Body language  (voice, gesture, silence and facial expression), (2) Energy (how you present your ideas), (3) Content (what you say). Ketiga elemen penting tersebut harus dikuasai oleh pemateri LKID.

            Point penting lain yang disampaikan oleh Drs. Syafaruddin Alwi, M.Si adalah strategi presentasi yang meliputi: Meet your audience prior to presentation (buat peserta merasa penting), Try to remember name each one (hapal nama beberapa peserta), Start to speak with a  jokes or  other treatment for creating familiar atmosphere (mulai dengan menggunakan joke untuk membangun suasana), Setting clearly your goals, content and conclusions (seting dan tuntaskan tujuan, isi dan kesimpula), Respond enthusiastically the questions (Respon pertanyaan dengan antuasias)

DPPAI menetapkan bahwa LKID akan berlangsung mulai tanggal 6 April 2013. Tahun ini LKID akan dilaksanakan dalam 11 gelombang. Dalam setiap gelombang, LKID dilaksanakan selama dua hari yakni hari sabtu dan Minggu. Materi yang akan disampaikan dalam LKID antara lain (1) Self Awareness, (2) Prinsip dasar dan Karakteristik Kepemimpinan Islam (3) Kepemimpinan Rasulullah dan Khulafaurrasyidin (4)  Manajemen Kepemimpinan dan Budaya Organisasi (5) Peran Mahasiswa Islam dalam Perubahan Sosial dan (6) Public Speaking.


 
BANTUAN INFORMASI?