Pesantrenisasi Pra KKN gel.2 Sukses Digelar

Sebagai upaya untuk mempersiapkan mahasiswa dan mahasiswi yang akan melaksanakan KKN dalam bidang pemahaman agama islam, DPPAI dan DPPM menyelenggarakan rangkaian Pesantrenisasi Pra KKN selama mei sampai juni. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung fakultas teknologi industri setiap sabtu minggu dari tanggal 2 mei sampai 17 juni, dari jam 7 pagi sampai menjelang ‘isya. Kegiatan pra KKN ini ditujukan untuk mahasiswa yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti KKN yang diselenggarakan oleh DPPM UII, dengan upaya memberikan bekal keagamaan, wawasan serta meningkatkan keilmuan tentang praktek muamalah terhadap mahasiswa yang nantinya terjun ke masyarakat.

Suasana Pesantrenisasi Menjelang Isya

Pesantrenisasi ini tebagi menjadi 5 gelombang, pesantrenisasi gelombang 2 yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 juni ini memberikan materi terhadap mahasiswi tentang fiqih perempuan, fiqih ramadhan, kesiapan memimpin doa, perawatan jenazah, menajemen masjid dan TPA, akhlaq bermasyarakat, penentuan hisab ru’yah dan arah kiblat dan menjadi penceramah dan manajemen forum. Materi yang kompleks tersebut diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswi tentang pemahaman muamalah keislaman. Mahasiswi juga akan lebih siap jika dilokasi KKN menghadapi permahasalahan serupa.

Pelaksanaan pesantrenisasi terbagi menjadi 8 kelas yang diampu oleh ustad yang ahli dibidangnya. Seperti penentuan arah kiblat yang mengundang dosen falak fakultas ilmu agama islam  Drs.H. Sofwan Jannah.

Tidak hanya itu saja, alat peraga pada saat praktek perawatan jenazah juga sangat lengkap dengan menyediakan boneka dan peralatan perawatan dimasing-masing kelas agar mahasiswi mudah mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari.

Harapan pesantrenisasi ini tentunya kembali lagi pada masing-masing mahasiswi yang terjun dilokasi KKN untuk mengamalkan dengan baik materi yang telah didapatkan.