Giliran Unismuh Kunjungi UII

Selasa (3/5) Para pimpinan Universitas Islam Indonesia yang terdiri dari Wakil Rektor I, Nandang Sutrisna, SH. M.Hum. LLM. Ph.D., Wakil Rektor II Dra. Neni Meidawati, M.si, Ak. dan Wakil Rektor III, Ir. Bachnas, M.Sc menerima tamu dari Universitas Islam Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Sulawesi Selatan di Ruang Sidang VIP Gedung H. GBPH Prabuningrat Kantor Rektorat UII. Selain memang sebagai tindaklanjut kerjasama yang telah terbina selama ini, Unismuh berkeinginan untuk studi berbagai macam hal yang ada di UII terutama yang terkait dengan Bidang keakademikan. Turut hadir pula Direktur Direktorat Organisasi dan SDM, Ery Arifudin, SH., MH., Direktur Akademik Ir. Revianto Budi Santoso, M.Arch, Kepala Badan Sistem Informasi Dr. R. Teduh Dirgahayu, ST. M.Sc, dan Kadiv Pendidikan dan Pengembangan Dakwah DPPAI UII, Drs. Zamroni, MSI. Sementara delegasi dari Unismuh diwakili oleh Direktur Akademik, Kepala Sub Bidang Penerimaan Mahasiswa, Kepala Sistem Informasi Kemahasiswaan, dan Bidang Penulisan Ijazah sangat antusias dalam mengkaji system penerimaan Calon Mahasiswa Baru UII.

UII terapkan 3 Model Ujian Seleksi Calon Mahasiswa Barunya

Unismuh Kunjungi UII

Salah satu topik utama kunjungan Unismuh ke UII ini adalah pembahasan mengenai proses penerimaan (seleksi) calon mahasiswa. Hal ini mengingat Unismuh memiliki permasalahan pelik dengan hal yang satu ini. “Di Unismuh, ujian seleksi calon mahasiswa dilakukan hanya sekali dan serempak, dilakukan di suatu ruangan besar (seperti Gedung Olahraga) sehingga kami kualahan dalam pengawasan saat proses ujian seleksi berlangsung”ungkap Direktur Akademik Unismuh. Bahkan, dalam periode penerimaan calon mahasiswa baru periode 2010/2011 baru-baru ini, tak kurang dari 11.000 calon mahasiswa yang mengikuti ujian masuk Unismuh.

Dalam hal ini, ketiga pimpinan Universitas Islam Indonesia memberikan penjelasan yang sangat detail dengan diperjelas oleh para Direktur Direktorat yang hadir. Ada 3 metode yang diterapkan di UII, yakni, Computer-Based Test (CBT), Paper-Best Test (PBT), dan PSB (Penelusuran Siswa Berprestasi)

Computer-Based Test (CBT), yakni pola seleksi calon mahasiswa melalui ujian Potensi Calon mahasiswa yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Tes dilakukan di UII dan di 32 kota di luar DIY. “Uniknya dari metode tes seleksi ini  adalah hasil ujian dapat diperoleh segera setelah tes dilakukan, yakni dinyatakan lulus atau tidak lulus menjadi mahasiswa baru di UII sesuai prodi yang diinginkan”terang Wakil Rektor III, Ir. Bachnas, M.Sc.

Paper-Best Test (PBT), merupakan pola seleksi ujian Mandiri Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Terbagai dalam dua macam, yakni PBT Seleksi Reguler dan PBT Seleksi Cepat. Sementara PSB (Penelusuran Siswa Berprestasi) adalah pola penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi Bidang Akademik dan Minat Bakat. “Ketiga pola ini memiliki spesifikasi – spesifikasi tersendiri yang telah diperjelas secara lengkap di Buku Panduan Admisi Mahasiswa Baru”jelas Wakil Rektor II Dra. Neni Meidawati, M.si, Ak.

TAGS:  ,